Air


Air
Air merupakan elemen penting dalam tubuh manusia. Itulah mengapa kekurangan cairan memicu berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan jantung, pencernaan, ginjal, dan sulit konsentrasi.

Anda sering merasa ngantuk? Jangan langsung mengira Anda kurang tidur. Bisa jadi, Anda kekurangan cairan atau dehidrasi. Jangan anggap enteng. Dalam tempo lama dehidrasi dapat berpengaruh buruk terhadap jantung dan kulit, yaitu kulit terasa kering.

Hasil studi yang dilakukan Indonesian Hydration Working Group (IHWG) menunjukkan tingkat dehidrasi di Indonesia cukup tinggi. Untuk mengatasinya dibutuhkan kepedulian masyarakat. Mereka harus diberi tahu tentang betapa penting peranan air dalam tubuh. Untuk itu dianjurkan langsung minum bila terasa haus serta biasakan membawa air putih.

Menurut Luciana B Sutanto, spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 72 persen tubuh manusia terdiri dari air. Bisa dibayangkan seandainya tubuh kekurangan air, secara otomatis akan mengganggu kinerja organ.

"Jadi air merupakan komponen yang ada di seluruh jaringan tubuh. Tanpa ada air, tubuh manusia tidak bisa bergerak," papar dia di seminar kesehatan bertema "Program Air Bisa Cegah Dehidrasi (ABCD) Harus Dimulai dari Bangku Sekolah!" di Jakarta, Kamis (28/2).

Keberadaan air di muka manusia, kata Luciana, berfungsi melembapkan jaringan mulut, mata dan hidung. Air juga berperan sebagai pelarut berbagai partikel padat yang ada dalam sel. Selain itu, air berperan sebagai media reaksi metabolisme. Air pun dibutuhkan dalam fisiologi pencernaan.

Pada bagian organ dalam, seperti lambung, air akan meringankan beban ginjal dan hati dengan cara melarutkan sisa-sisa metabolisme. "Di sisi lain, air mampu melarutkan mineral dan zat gizi lainnya sehingga dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Air juga berfungsi mengatur suhu tubuh, pelumas sendi, membawa zat-zat gizi, dan oksigen ke sel," tambahnya. Maka kehilangan air 20 persen saja bisa berakibat fatal.

Kebiasaan Buruk

Menurut Luciana, kebiasaan buruk bagi sebagian orang adalah menunda minum ketika haus. Sekitar 46 persen orang Indonesia mengalami dehidrasi ringan kronis. Bila berlangsung lama, sedikit demi sedikit membuat organ tubuh rusak. Sebagai contoh, bagi penderita jantung, kekurangan air bisa memengaruhi stabilitas jantung.

Runyamnya, sampai sekarang sebagian masyarakat Indonesia masik kurang mengerti tentang keberadaan air dalam tubuh. Mereka tidak sadar bahwa kekurangan air bisa membuat darah menjadi lebih kental. Darah mengental dapat memberatkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Inilah yang memicu terjadinya serangan jantung.

Luciana menjelaskan ketika tubuh kekurangan cairan, darah menjadi lebih kental, sementara darah harus dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Bila cairan di darah tidak cukup, akibatnya jantung bekerja ekstra, berarti beban kerja menjadi bertambah sehingga menyebabkan fungsi jantung tidak bisa bekerja maksimal. Sudah terbukti, orang yang terbiasa minum air putih, lebih dari lima gelas sehari, mampu menurunkan risiko meninggal dunia akibat serangan jantung.

Masih kata Luciana, kekurangan cairan akan memengaruhi kemampuan berpikir dan menyebabkan penurunan konsentrasi, penurunan daya ingat. Jika kondisi tersebut terjadi saat kerja, jelas akan mengangu pekerjaan, pekerjaan jadi tak kunjung selesai. Jadi setiap bekerja, usahakan selalu ada air minum di meja kerja.

Sebenarnya tidak sulit mengatasi (tubuh) kekurangan cair. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, perlu dilakukan dengan cara minum yang cukup sesuai dengan kebutuhan berdasarkan usia, berat badan, aktivitas, dan lingkungan.

Air dapat diperoleh dari semua jenis minuman, yaitu air minum, minuman botol, kaleng, sirup, susu, dan lain sebagainya. Selain dari minuman, air pun diperoleh dari makanan yang mengandung air, misalnya sup, buah, sayur, dan masakan berair. Semua itu dapat diperoleh dengan mudah.

Adapun untuk mengetahui apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak, ada beberapa gejala tubuh kekurangan cairan, di antara timbulnya rasa haus, kencing sedikit dan pekat, jumlah keringat sedikit, mulut kering, tubuh lemas, kulit kehilangan kekenyalannya.

"Pada tahap lanjut, dada akan berdebar-debar, tekanan darah turun sehingga muncul rasa pusing di kepala ketika berdiri, apatis, mengantuk, kesadaran menurun, sampai kerusakan otak, ginjal dan hati. Pada tahap ini harus diwaspadai," terang Luciana.

Masih terkait dengan air, hal lain yang mesti diperhatikan adalah berlebihan minum air. Bagi orang normal, minum air berlebih akan langsung disalurkan melalui urine. Namun, bagi penderita penyakit ginjal, minum berlebihan bisa menimbulkan masalah, mengganggu fungsi ginjal, ginjal jadi tidak bisa bekerja.

"Seandainya ginjal tidak berfungsi dengan baik, otomatis urine yang keluar menjadi sedikit. Begitu pula buat penderita jantung, air berlebih dalam jantung akan mengganggu kinerja jantung, jantung tidak bisa memompa darah secara baik," terang Luciana kembali. faisal chaniago

Kecerdasan Anak Ditentukan Asupan Air

Asupan air yang sedikit dalam jangka panjang dapat mengganggu kesehatan ginjal dan performa kognitif siswa.

Dalam rangka meningkatkan kecerdasan anak sekolah, Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan Hydration Working Group (IHWG) mengadakan kampanye "Air Bisa Cegah Dehidrasi (ABCD)". Tujuannya adalah mendukung kesehatan dan kecerdasan anak sekolah.

Di samping itu, anak-anak lebih berisiko mengalami dehidrasi karena rasio luas permukaan tubuh pada massa tubuh mereka relatif lebih besar dibandingkan orang dewasa sehingga proses kehilangan air melalui kulit relatif lebih besar. Selain itu, anak sekolah juga sering melakukan aktivitas fisik, seperti berolah raga di bawah terik matahari, yang meningkatkan kemungkinan terjadi dehidrasi.

Saptawati Bardosono, Ketua IHWG, menjelaskan dehidrasi anak sekolah di Indonesia sering kali dikaitkan dengan kondisi dehidrasi sedang-berat akibat gangguan saluran pencernaan (diare) atau akibat olah raga. Sebanyak 50 persen anak sekolah mengalami dehidrasi ringan tanpa keluhan.

Pada kenyataannya, walaupun belum ada keluhan secara fisik, keluhan subjektif seperti menurunnya konsentrasi, gangguan emosi, dan meningkatnya rasa lelah sudah terjadi. Hal ini dapat menurunkan produktivitas.

Saptawati menambahkan anak-anak kurang peduli terhadap pentingnya asupan cairan untuk mengimbangi aktivitas mereka. Ditengarai banyak siswa yang sering mengabaikan rasa haus dan membatasi minum saat beraktivitas. Selain itu, siswa sering menahan kencing karena kondisi toilet yang tidak bersih. Padahal, asupan air yang sedikit dalam jangka panjang dapat mengganggu kesehatan ginjal dan performa kognitif siswa.

Upaya memenuhi kebutuhan cairan tubuh perlu dilakukan dengan cara minum yang cukup. Kecukupan air harus dikonsumsi. Berdasarkan Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi 2012, anak usia 7–9 tahun harus mengonsumsi air 1900 mililiter per hari (ml/hari), sedangkan anak usia 10–12 tahun harus mengonsumsi air sebesar 1800 ml/hari.

Hal serupa disampaikan Luciana B Sutanto, spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Menurutnya, dehidrasi pada anak dapat menyebabkan gangguan performa kognitif hingga menurunkan konsentrasi dan suasana hati. Dikhawatirkan akan menurunkan nilai belajar anak sekolah. Dehidrasi pada anak usia sekolah terbukti mengakibatkan efek buruk pada kesehatan dan stamina, seperti kelelahan.

Cara praktis mencegah dehidrasi yang dapat dilakukan oleh siswa adalah minum secara teratur. Sangat baik seandainya anak-anak menyadari dan mengetahui tentang pentingnya air. Tentu saja pengetahuan tersebut disesuaikan dengan kemampuan dan cara berpikir siswa. Misalnya menyarankan mereka supaya menghabiskan jumlah minum sesuai takaran yang telah ditentukan. Atau mengajarkan mereka agar membawakan bekal minuman dari rumah.

"Kesadaran akan pentingnya hidrasi pada anak perlu ditingkatkan. Pendidikan kesehatan di sekolah pun penting dilakukan sebab anak-anak menghabiskan waktu lebih banyak di sekolah sehingga guru berperan dalam memperkenalkan pola hidup bersih dan sehat," tukas Luciana.

Tak kalah penting adalah minum air sehat untuk anak sekolah. Luciana menandaskan air minum sehat adalah air minum yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa, tidak mengandung zat berbahaya, dan tidak mengandung cemaran pestisida, jamur dan bahan lain yang membahayakan tubuh. faisal chaniago


Menyeimbangkan Kebutuhan Air Anak Sekolah

1.Air Sehat di Sekolah dan Rumah
Guru dan orang tua menyediakan air sehat, yaitu air yang tidak berdampak buruk pada kesehatan anak.

2.Meningkatankan Pengetahun Anak
Meningkatan pengetahuan anak tentang air dan kesehatan hingga timbul kesadaran untuk selalu minum dan menjaga kondisi tubuh.

3.Minum secara Teratur
Mengajarkan pada anak cara minum yang benar, misalnya setiap usai olah raga sebaiknya minum air putih jangan minuman berwarna. Begitu pula setelah makan, harus minum.

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,48,Info Penyakit,19,Jajanan Sehat,1,Kesehatan Pria,1,Kesehatan Tubuh,3,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,8,perawatan kulit,5,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,20,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,27,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Air
Air
http://2.bp.blogspot.com/-2dX8qRSO5Xs/UXZPjr79HaI/AAAAAAAACpY/JBmOkV4sBCI/s1600/air.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-2dX8qRSO5Xs/UXZPjr79HaI/AAAAAAAACpY/JBmOkV4sBCI/s72-c/air.jpg
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2013/04/air.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2013/04/air.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy