Detoksifikasi

detox
Detoks (detoksifikasi) adalah proses pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.

Seperti kita tahu, masalah sembelit, demam, flu, kelebihan berat badan, selulit, kadar kolesterol darah berlebihan, lesu kronis, penyakit/gangguan kulit, sindrom pramenstruasi, kehilangan gairah seks, penuaan dini, tumor, penyakit-penyakit degeneratif (hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, diabetes, kadar usam urat berlebihan, dll.), serta penyakit-penyakit infeksi yang tak kunjung sembuh berawal dari adanya timbunan ampas tubuh.


Toksin bukan hanya ampas dari makanan yang kita makan dan makanan-makanan yang tidak tercerna, tetapi juga bisa berasal dari zat makanan aditif, udara tercemar, bahan kimia seperti pestisida, logam berat dalam air minum, residu obat-obatan farmasi, dll. Bahkan pikiran dan emosi negatif juga merupakan racun bagi sel-sel tubuh kita. Semua ampas atau zat yang tidak diperlukan tubuh akan diperlakukan sebagai racun (toksin) atau penyakit. Ampas atau toksin juga diproduksi secara alamiah oleh tubuh kita sendiri. Ini merupakan proses metabolisme sehingga tidak dapat kita hindari. Setiap hari di dalam tubuh terjadi pembelahan sel-sel baru.

Sementara itu sel-sel yang sudah tua akan menjadi aus, mati, dan menjadi ampas. Dalam kondisi normal, ampas akan dikeluarkan secara teratur setiap hari melalui sistem pembuangan tubuh. Buang air besar setiap hari bukan jaminan bahwa proses pembuangan kita normal. Jika salah satu atau beberapa masalah tersebut merupakan keluhan Anda, berarti pengeluaran ampas dari tubuh Anda belum optimal! Penyakit terjadi apabila proses pembuangan tidak optimal dan toksin mulai merusak jaringan organ-organ vital. Dalam sejumlah hasil penelitian disebutkan kondisi racun berlebihan (toxicity) erat hubungannya dengan penuaan dini, menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit degeneratif (liver, jantung, diabetes, kanker, dll.), dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, racun harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Caranya, dengan detoksifikasi (detoks).

Puasa merupakan salah satu metode efektif detoksifikasi. Pembersihan dan detoks meningkatkan proses alamiah pengeluaran toksin dari dalam tubuh kita. Organ vital yang menjadi target dalam program pembersihan racun yang efektif adalah susu besar (pengeluaran) dan liver (detoksifikasi).Hampir semua penyakit degeneratif dapat dihubungkan dengan kondisi keracunan dalam saluran usus (intestinal toxemia). Mengapa? Karena setiap jaringan dalam tubuh mendapatkan makanan dari darah, dan darah mendapatkannya dari usus. Setiap zat yang masuk ke dalam tubuh kita akan terserap ke dalam darah melalui dinding-dinding usus. Artinya, toksin yang berada usus juga akan ikut beredar bersama aliran darah sampai ke sel-sel di seluruh penjuru tubuh kita. Toksin-toksin inilah yang menyumbangkan terjadinya berbagai kondisi penyakit kronis, akut, dan degeneratif. Begitu juga menurunnya tingkat energi dan penuaan dini.

Seorang praktisi kesehatan, dr Phaidon L Toruan mengatakan bahwa puasa seperti, dalam ajaran Islam, adalah salah satu metode detoks alami. Ada banyak kemiripan antara puasa dengan diet detoks yang populer, termasuk efeknya yang bikin mual, lemas, pusing dan sebagainya di hari pertama.

"Efek semacam ini normal terjadi, khususnya di hari-hari pertama melakukan detoks. Namun setelah proses berjalan, tubuh akan terasa lebih sehat karena telah mengalami proses pembersihan," terangnya.

Pendapat senada juga disampaikan oleh dr Roy Indrasoemantri, konsultan salah satu produk diet detoks yakni Smart Detox. Ia sepakat bahwa puasa bisa dikatakan sebagai detoks alami, namun ada risiko yang harus ditanggung bisa ketidakseimbangan nutrisi selama puasa tidak diatasi.

"Dengan puasa tubuh itu diistirahatkan, di dalam Islam. Kalau diet tidak mengonsomsi suplemen gimana? Metodenya puasa, kalau selama dia puasa dan tidak makan dengan gizi yang cukup akibatnya jadi kurang zat gizi akhirnya malah sakit," kata dr Roy.

Oleh karenanya, ia menganjurkan agar puasa juga ditunjang dengan pemberian asupan gizi yang dibutuhkan antara lain melalui suplemen. Program diet detoks yang banyak ditawarkan umumnya menggabungkan 2 metode, yakni puasa dan pemberian suplemen untuk menggantikan asupan gizinya.

Tentunya bukan cuma sehat secara fisik saja yang didapat bila puasa sebagai detoks alami diatur dengan memperhatikan keseimbangan gizi. Kesehatan rohani dan spiritual juga akan terjaga karena berpuasa merupakan ibadah yang juga sebuah ekspresi iman.

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,48,Info Penyakit,19,Jajanan Sehat,1,Kesehatan Pria,1,Kesehatan Tubuh,3,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,8,perawatan kulit,5,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,20,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,27,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Detoksifikasi
Detoksifikasi
http://kiatkesehatan.com/wp-content/uploads/2013/04/detox.jpg
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2013/04/detoksifikasi_25.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2013/04/detoksifikasi_25.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy