Kutil Kelamin


perempuan
Salah satu jenis penyakit kelamin yang sering dialami kaum perempuan adalah kutil kelamin.

Kutil kelamin, seperti dijelaskan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi Laila Nuranna,merupakan benjolan-benjolan yang tumbuh pada alat kelamin manusia.

Bentuk dan ukurannya bervariasi. Kadang berkembang dalam bentuk kelompok sehingga mirip kembang kol.

Pada perempuan, kutil kelamin tumbuh pada area vulva dan serviks, serta di daerah sekitar anus. "Agar tidak membesar dan berkembang biak, kutil harus segera diobati secepat mungkin. Kalau tidak diobati, bisa menyebabkan kanker leher rahim atau kanker serviks," ujar Laila dalam talk show kesehatan di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (9/3).

Laila menambahkan kutil kelamin disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) tipe 6 dan 11, sementara kanker serviks disebabkan HPV tipe 16 dan 18. Sekitar 99 persen penderita kanker serviks disebabkan oleh HPV tipe 16 dan 18. "Sampai sekarang, keberadaan virus ini masih menjadi bahan pembicaraan di tingkat internasional. Pasalnya, setiap satu jam, seorang perempuan meninggal dunia karena kanker serviks," terang dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Keluhan kutil kelamin hampir sama dengan penyakit kulit lain, yakni rasa gatal dan panas. Selain itu, gejala penyakit ini disertai perdarahan, rasa sakit pada "alat vital", stratum, dan daerah anal. Pada perempuan yang sedang hamil, kutil kelamin bisa menjangkiti janin dalam kandungan.

Penyakit Menular 

Tidak hanya menyerang alat vital, HPV bisa menyerang organ tubuh lain, termasuk kulit. Itulah yang dialami si manusia pohon (Dede Koswara, warga Bandung, Jawa Barat) yang seluruh tubuhnya ditumbuhi kutil yang disebabkan oleh HPV. "Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi seandainya alat kesayangan kita dipenuh kutil. Tentu menimbulkan masalah, bahkan bisa mengancam kelangsungan hidup kita. Kutil kelamin bisa terjadi pada perempuan dan pria, sementara kanker serviks hanya terjadi pada perempuan berusia 20 tahun ke atas," terang Laila.

Untuk berubah menjadi kanker, proses perjalanan kutil kelamin atau kebaradaan HPV dalam tubuh cukup panjang, yakni memakan waktu sekitar 10 hingga 20 tahun. Namun, pada tahap awal, kanker serviks sulit dideteksi. Oleh sebab itu, para perempuan disarankan, dua tahun sekali, melakukan tes kesehatan di bagian area khususnya.

Secara medis, banyak faktor penyebab kanker serviks, di antaranya kurang memperhatikan kebersihan. Misalnya, sering buang air di WC umum yang tidak bersih yang sudah terkena HPV. HPV dapat berpindah dan menyebar, tidak hanya melalui cairan, tapi juga bisa melalui sentuhan kulit. Selain kurang memperhatikan kebersihan, faktor penyebab kanker serviks adalah suka gonta-ganti pasangan.

Laila menjelaskan kebiasaan buruk lainnya adalah suka berhubungan intim dengan pria lain. Tidak hanya itu, perempuan yang menikah di bawah usia 20 tahun pun rentan terhadap penyakit ini. "Kondisi-kondisi seperti ini harus diketahui oleh orang tua. Jangan menikahkan anak di usia muda. Nikahkan anak pada usia yang tepat, minimal di usia 25 tahun ke atas. Secara fi sik dan mental mereka telah siap," imbaunya.

Hal lain yang mesti diperhatikan adalah gaya hidup sehat. Jangan mudah terjebak dalam pergaulan, seperti merokok. Tanpa disadari, merokok bisa menyebabkan seorang perempuan menderita kanker serviks.

Sumber: koran Jakarta

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,49,Info Penyakit,20,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,1,Kesehatan Tubuh,4,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,9,perawatan kulit,5,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,20,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,28,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Kutil Kelamin
Kutil Kelamin
http://1.bp.blogspot.com/-RAt9YpR26xE/UXZInL_WLpI/AAAAAAAACoU/d7iY4aZqStM/s1600/11234.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-RAt9YpR26xE/UXZInL_WLpI/AAAAAAAACoU/d7iY4aZqStM/s72-c/11234.jpg
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2013/04/kutil-kelamin.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2013/04/kutil-kelamin.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy