Anorexia Nervosa

Anorexia Nervosa
Apa itu Anorexia Nervosa? Anoreksia nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal serta rasa takut berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat salah persepsi tentang pencitraan diri.

Anorexia Nervosa bisa mengakibatkan hilangnya siklus mentruasi (pada wanita). Penderita yang umumnya terjadi pada remaja putri biasanya mengalami gangguan makan, berupa aktifitas untuk menguruskan badan dengan melakukan pembatasan makan secara sengaja melalui kontrol yang ketat.

Anorexia Nervosa merupakan kebalikan dari bulimia nervosa yang makan dalam jumlah berlebihan kemudian berusaha membuangnya. Pada penderita anorexia nervosa, mereka makan dalam jumlah sangat sedikit dan berolahraga berlebihan untuk menjaga berat badan.

Penyebab

Penyakit ini diakibatkan oleh faktor psikologis dan juga sosial seperti kelebihan berat badan yang membuatnya malu untuk berteman dengan siapapun. Tapi kini ilmuwan berhasil menemukan faktor lain penyebab anorexia dari sisi biologis. Sebuah penelitian menemukan perbedaan jumlah protein BDNF (brain derived neurotropic factor) di otak antara perempuan sehat dengan yang anoreksia.

Gejala

Tanda-tanda yang dialami penderita anorexia adalah sebagai berikut: menolak untuk mempertahankan berat badan normal dan cenderung selalu ingin lebih kurus, selalu ketakutan berat badannya akan naik walaupun kenyataannya berat badannya turun terus, Berhenti menstruasi tiga bulan berturut-turut atau lebih padahal tidak hamil.

Selain berolahraga secara berlebihan, penderita anorexia biasanya punya kebiasaan makan yang aneh, seperti menyisihkan makan di piringnya dan memotong-motongnya menjadi bagian-bagian kecil, mengunyah lambat-lambat, serta menghindari makan bersama keluarga. Mereka menganggap kulit dan daging pada tubuh mereka sebagai lemak yang harus dimusnahkan. Tidak adanya lemak di tubuh membuat penderita anorexia merasa tidak nyaman ketika duduk ataupun berbaring (saking kurusnya). Selain itu mereka sulit tidur. Dengan berlanjutnya penyakit ini, penderita mulai suka menyendiri dan menarik diri dari teman dan keluarga.

Tubuh penderita bereaksi terhadap kondisi ini dengan cara menghentikan beberapa proses. Tekanan darah menurun drastis, napas melemah, pada wanita menstruasi terhenti (atau pada anak yang menginjak dewasa, mungkin menstruasi terhenti (atau pada anak yang menginjak dewasa, mungkin menstruasi tidak dimulai sama sekali), dan kelenjar tiroid yang mengatur pertumbuhan menghilang. Kulit mengering, rambut, dan kuku menjadi rapuh. Gejala lain yang timbul adalah pusing, kedinginan, sembelit, serta pembengkakan sendi. Kekurangan lemak menyebabkan temperatur tubuh menurun. Sebagai mekanisme alam, tumbuh lanugo atau rambut di seluruh tubuh termasuk wajah. Selain itu, ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh juga dapat menyebabkan serangan jantung.

Pengobatan

Pengobatan dalam kasus bulimia maupun anorexia diperlukan penanganan dini, karena penanganan yang terlambat mempersulit pengobatan. Biasanya, keluarga pasien akan diminta bantuan dalam perawatan, seperti terapi dapat berlangsung setahun atau lebih, bisa dilakukan sendiri di rumah bersama keluarga atau untuk kasus yang parah dengan rawat inap di rumah sakit.

http://ping.sg/rpc/miftahrahman/2d8cqf5phn

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,50,Info Penyakit,21,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,2,Kesehatan Tubuh,5,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,9,perawatan kulit,6,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,21,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,29,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Anorexia Nervosa
Anorexia Nervosa
http://kiatkesehatan.com/wp-content/uploads/2013/06/skitkpla.jpg
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2013/06/anorexia-nervosa_14.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2013/06/anorexia-nervosa_14.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy