Ganja Ternyata Juga Mampu Obati Migrain

Kiatkesehatan.com - Jurnal Pharmacotherapy menerbitkan temuan baru pada 9 Januari lalu yang berkenaan dengan khasiat ganja atau Marijuana dalam pengobatan sakit migrain. Dalam studi tersebut menyatakan ganja bisa menjadi alternatif baru bagi penderita migrain untuk mengurangi intensitas rasa sakit.

Studi yang melibatkan 121 orang dengan penyakit migrain tersebut, mendapati 103 responden yang mengatakan bahwa mereka mengalami migrain lebih jarang setelah mulai menjalani terapi ganja.

Sedangkan 15 responden lainnya mengatakan, frekuensi sakit kepala yang mereka rasakan tetap sama selama menjalani terapi ini. Sedangkan tiga responden terakhir mengatakan kalau terapi ganja membuat rasa sakit kepala malah semakin meningkat.

“Di antara orang-orang yang mengaku mengalami penurunan gejala migrain, frekuensi sakit kepala mereka menurun dari 10,4 sakit kepala per bulan menjadi 4,6 sakit kepala per bulan. Artinya, ada peningkatan kesehatan yang substansial bagi pasien penderita migrain," kata penulis studi Laura Borgelt, seorang profesor farmasi klinis di University of Colorado Anschutz Medical Campus.

Namun, Borgelt mencatat, sama halnya seperti obat apapun, ganja memiliki potensi keuntungan dan risiko potensial. Sehingga sangat penting bagi orang untuk menyadari bahwa melakukan pengobatan ganja juga dapat memiliki efek samping.

Baca juga: Pemanfaatan Ganja Untuk Pengobatan Sudah Dari Jaman Dulu

Dalam studi tersebut, para peneliti melihat jumlah migrain per bulan antara pasien di Colorado yang telah mendapat rekomendasi dokter untuk melakukan pengobatan ganja antara Januari 2010 dan September 2014. Orang-orang tersebut setidaknya juga melakukan kunjungan ke dokter setidaknya sekali selama pengobatan.

Kebanyakan orang dalam penelitian ini menggunakan lebih dari satu cara penggunaan ganja, baik yang dihisap, melalui asap, maupun dimakan, kata para peneliti.

Orang-orang tersebut cenderung lebih memilih menghirup ganja untuk mengobati migrain akut, dan lebih suka menggunakan ganja dimakan untuk mencegah migrain kambuh kembali.

Walau begitu, sekitar setengah dari orang-orang dalam penelitian ini juga menggunakan obat migrain lain yang diresepkan dokter untuk mengobati sakit kepala mereka, Borgelt mencatat.

Empat belas orang dalam studi ini dilaporkan mengalami efek samping selama pengobatan, seperti kantuk yang sangat, mimpi buruk, dan mual. Efek samping cenderung lebih sering terjadi saat ganja digunakan dengan cara dimakan, ketimbang dengan cara lain.

Para peneliti mengatakan, mereka tidak tahu pasti mengapa atau bagaimana tepatnya ganja dapat bekerja untuk mengobati atau mencegah migrain. Pada kenyataannya, bahkan mekanisme terjadinya migrain masih belum sepenuhnya dipahami.

Dengan kata lain, dalam studi tersebut, para peneliti masih terus mencoba untuk mengevaluasi hasil pengobatan, meskipun mereka tidak sepenuhnya memahami bagaimana hal itu dapat bekerja.

Namun, ada beberapa hal yang bisa menjelaskan mengapa ganja mungkin efektif meredakan migrain, kata para peneliti. Sebagai contoh, beberapa peneliti telah berpendapat bahwa migrain mungkin ada hubungannya dengan reseptor di otak yang disebut reseptor cannabinoid, yang memengaruhi beberapa neurotransmitter penting seperti serotonin. Senyawa dalam ganja juga dapat memengaruhi reseptor ini, kata mereka.

Ada juga kemungkinan, bahwa serotonin sendiri berpengaruh terhadap rasa sakit kepala akibat migrain, dan beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa THC, bahan dalam ganja yang lebih berefek psikologis, dapat mempengaruhi kadar serotonin.

Meski begitu, orang dengan migrain sebaiknya tidak mencoba melakukan pengobatan ganja sendiri, Borgelt menekankan. "Setiap keputusan pengobatan harus melibatkan petugas medis untuk menghindari risiko negatif," katanya kepada Live Science.

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,50,Info Penyakit,21,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,2,Kesehatan Tubuh,5,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,9,perawatan kulit,6,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,21,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,29,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Ganja Ternyata Juga Mampu Obati Migrain
Ganja Ternyata Juga Mampu Obati Migrain
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2016/01/ganja-ternyata-juga-mampu-obati-migrain.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2016/01/ganja-ternyata-juga-mampu-obati-migrain.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy