Ternyata Pemanfaatan Ganja Untuk Pengobatan Sudah Dari Jaman Dulu

Kiatkesehatan.com - Di beberapa negara penanaman, pemilikan, dan mengkonsumsi ganja atau mariyuana (cannabis) dianggap ilegal. Tapi ternyata, tanaman ini sudah dimanfaatkan dalam dunia pengobatan sejak ribuan tahun silam.

Ganja Sebagai Obat Rasa Nyeri dan Penghilang Rasa Cemas


Di jaman nenek moyang, oleh para tabib ganja dianggap sebagai tanaman herbal. Ganja dianggap sebagai obat yang sangat berkhasiat untuk menghilangkan rasa nyeri hingga kecemasan.

Salah satunya adalah hemp (jenis tanaman ganja yang efeknya lebih ringan dari mariyuana), sejak zaman kuno jenis ganja yang satu ini adalah produk agrikultur yang berkhasiat sebagai minyak, diambil biji serta seratnya dan digunakan untuk membuat tali serta pakaian, selain itu juga untuk dikonsumsi.

China konon adalah negara pertama yang memanfaatkan hemp. Dari negeri ini juga tanaman ganja sebagai obat diperkenalkan ke negara-negara lainnya.

ganja di China

Ganja sebagai obat penghilang nyeri dan penyakit lainnya lalu menyebar ke Asia hingga Timur Tengah dan Afrika.

Menurut legenda China, Kaisar Shen Neng (2737 SM) adalah yang secara resmi meresepkan teh mariyuana untuk pengobatan. Di masa itu ganja dipakai untuk menghilangkan nyeri dan mengobati berbagai kondisi, termasuk asma urat, rematik, malaria, dan daya ingat lemah.

Namun pada saat itu tabib selalu mengingatkan pasiennya untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan sebab mereka percaya hal itu bisa membuat seseorang "melihat setan".

[tps_title]Selanjutnya: Pemanfaatan Ganja di India[/tps_title]


Pemanfaatan Ganja di India


Beda lagi dengan di India. Sejak dulu India paling akrab dengan penggunaan ganja, baik sebagai pengobatan, upacara keagamaan, rekreasi, dan spritual.

Ganja di india

Di negeri sungai Gangga tersebut, ganja sering dicampur ke dalam minuman istimewa sebagai efek rasa senang dan tentu juga efek pengobatan. Salah satu minuman populer adalah bhang, campuran dari pasta ganja (dibuat dari daun dan tunas), susu, rempah, dan ghee.

Minuman ini dianggap memiliki khasiat menghilangkan kecemasan. Selain itu bhang juga menjadi obat untuk menyembuhkan demam, disentri, gangguan pencernaan, serta membuat kita lebih awas.

[tps_title]Selanjutnya: Ganja di Dunia Medis Abad pertengahan[/tps_title]


Ganja di Dunia Medis Abad pertengahan


Di abad pertengahan, ganja adalah obat yang sangat populer di Timur Tengah. Karena anggur/wine dilarang dalam Islam, banyak Muslim yang akhirnya merokok hashish (kata Arab untuk mariyuana), yang juga disebut sebagai "rumput". Orang-orang Arab juga memanfaatkan ganja dalam pengobatan.

Di abad pertengahan, bangsa Eropa menggunakan ganja untuk mengobati tumor, batuk, dan penyakit kuning. Yang menarik, para tabib dan herbalis di masa itu telah memperingatkan bahaya ganja jika dipakai berlebihan, antara lain bisa menyebabkan kemandulan dan bahaya lainnya.

ganja dibawa oleh kolonialis eropa

Memasuki era tahun 1500-an, orang Spanyol membawa ganja ke Amerika Utara. Tetapi selama kolonialisme hanya hemp yang dimanfaatkan dalam industri maritim, yakni untuk baju, kertas, atau pun tali.

[tps_title]Selanjutnya: Ganja dalam Dunia Medis Zaman modern[/tps_title]


Ganja dalam Dunia Medis Zaman modern


Di akhir tahun 1700-an di jurnal medis Amerika telah dituliskan penggunaan biji hemp dan akarnya untuk mengatasi masalah kesehatan, termasuk peradangan kulit dan kehilangan kesadaran.

Karena semakin banyak orang yang kecanduan heroin, opium, dan morfin, tahun 1906 badan pengawas obat dan makanan AS (FDA) mengeluarkan aturan penggunaan ganja. Pada saat itu yang diatur ketat adalah opium dan morfin, sementara mariyuana tidak.

Tetapi di tahun 1914 penggunaan tanaman ganja sebagai obat dianggap sebuah kejahatan. Walau begitu ganja masih dipakai untuk tujuan pengobatan.

Pada tahun 1970-an mariyuana diketegorikan sebagai zat berbahaya dan tidak boleh dipakai untuk pengobatan. Walau berbagai jurnal medis menyebutkan manfaat medis ganja, tapi pemerintah AS tetap melarangnya.

Pada pertengahan tahun 2015, 23 negara bagian di AS melegalkan penggunaan ganja dalam dunia medis, tapi hanya untuk orang dengan kondisi medis tertentu.

Ganja diperbolehkan untuk anak-anak yang menderita epilepsi atau untuk menghilangkan efek samping kemoterapi pada pasien kanker. Di beberapa negara bagian juga mengijinkan pemakaian ganja untuk pasien HIV/AIDS, Parkinson, atau multiple sclerosis.

Meski riset mengenai ganja sangat terbatas karena pembatasan pemakaian tanaman ini sebagai obat, studi-studi terbaru berhasil mengeksplorasi aspek pengobatan dari mariyuana, khususnya untuk penyakit terkait fungsi otak.

Misalnya saja studi tahun 2015 menyimpulkan ganja efektif mengatasi skizofrenia. Penelitian juga mengungkapkan tanaman ini membantu memulihkan tulang yang retak, menghentikan kejang yang berat, bahkan mengobati migrain.

Di negara bagian AS yang melegalkan peresepan mariyuana hampir 90 persen yang menggunakannya mengaku gangguan penyakit mereka berkurang. Jika dilihat dari sejarah penggunaannya yang panjang dalam dunia pengobatan, kemungkinan mereka memang benar.

[tps_footer]Baca juga: Ganja Ternyata Juga Mampu Obati Migrain[/tps_footer]

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,50,Info Penyakit,21,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,2,Kesehatan Tubuh,5,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,9,perawatan kulit,6,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,21,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,29,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Ternyata Pemanfaatan Ganja Untuk Pengobatan Sudah Dari Jaman Dulu
Ternyata Pemanfaatan Ganja Untuk Pengobatan Sudah Dari Jaman Dulu
http://kiatkesehatan.com/wp-content/uploads/2016/01/ganja-di-cina.png
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2016/01/ternyata-pemanfaatan-ganja-untuk.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2016/01/ternyata-pemanfaatan-ganja-untuk.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy