Dirut BPJS: BPJS Bangkrut Tidak Benar

Kiatkesehatan.com - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fahmi Idris menegaskan, penyedia jaminan sosial masyarakat itu tidak akan bangkrut (collapse). "Isu BPJS collapse itu tidak benar," katanya di Istana Merdeka, Kamis, 10 Maret 2016.

Menurut Fahmi, Presiden Joko Widodo memberi perhatian terhadap masalah ini. Presiden, kata Fahmi, berharap isu bangkrutnya BPJS tidak sampai membuat publik gelisah, terutama rumah sakit dan masyarakat yang hendak berobat. Fahmi mengatakan neraca keuangan BPJS masih sehat. "Antara pemasukan dan pengeluaran seimbang, no problem," tuturnya.

Sumber keuangan BPJS, Fahmi menjelaskan, berasal dari pemasukan dua iuran dan sumber dana lain. Jika ada ketidaksesuaian, masih di bawah rekomendasi Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Ia menjamin kondisi neraca keuangan BPJS pada tahun ini mendekati perkiraan DJSN.

Fahmi berjanji BPJS Kesehatan tidak akan menaikkan besaran iuran sebelum masyarakat merasakan manfaat yang lebih dari pelayanannya. BPJS, kata dia, juga tidak akan mengurangi manfaat yang diberikan supaya tidak menimbulkan masalah sosial.

September lalu, Ketua DJSN Chazali H. Situmorang mengatakan kondisi BPJS sedang kritis. Banyak peserta yang menunggak premi selama 2-6 bulan. Untuk mengatasi masalah ini, DJSN mendesak pemerintah segera mencairkan dana talangan sekitar Rp 3,5 triliun. Hal ini untuk menutupi jumlah tunggakan.

Menurut Chazali, sebelum ada dana talangan, BPJS terpaksa memanfaatkan iuran yang masuk walau kurang. Jumlah peserta BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia mencapai 145 juta. Dengan jumlah rumah sakit yang sudah bekerja sama sebanyak 1.700 dari total 2.500 rumah sakit di Indonesia. Peserta yang paling banyak menunggak berasal dari peserta mandiri atau peserta yang mendaftar secara perorangan.

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,49,Info Penyakit,20,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,1,Kesehatan Tubuh,4,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,9,perawatan kulit,5,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,20,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,28,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Dirut BPJS: BPJS Bangkrut Tidak Benar
Dirut BPJS: BPJS Bangkrut Tidak Benar
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2016/03/dirut-bpjs-bpjs-bangkrut-tidak-benar.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2016/03/dirut-bpjs-bpjs-bangkrut-tidak-benar.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy