Kasus Vaksin Palsu, Ketua IDI: Ada 'Grand Design' untuk Memojokkan Kedokteran Indonesia

Kiatkesehatan.com, Berita Kesehatan - Salah satu tersangka dalam kasus vaksin palsu yakni seorang dokter bernama dr Indra Sugiarno, Sp.A. Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Dr Ilham Oetomo Marsis SpOG menilai, ada grand design kasus ini dalam menyudutkan dokter-dokter dan rumah sakit.

"Saya melihat ini grand design untuk memojokkan kedokteran Indonesia," ujar Ilham dalam jumpa pers di kantor IDI, Jl Samratulangi 29, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016). Ilham didampingi oleh Ketua Umum Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Sri Rachmani, Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Sussi Setiawaty dan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Aman Bhakti Pulungan.

Saat ditanya maksud grand design tersebut, Ilham mengatakan, harus dicari aktor intelektual kasus ini. Jangan hanya dokter dan bidan yang ditangkap.

"Kami juga bertanya-tanya sebaiknya kita bersama-sama yang mencari. Kita harus mencari kepercayaan kepada masyarakat. Sisi kedokteran di Indonesia. Mari kita bersama-sama mencari aktornya. Ada benang tipis hal ini dengan masalah kesehatan ke depan. Jangan hanya yang ditangkap dokter-dokter, bidan-bidan saja, harus dicari siapa aktornya," jelas Ilham.

[caption id="attachment_537" align="aligncenter" width="694"]ikatan dokter indonesia Ketum IDI gelar jumpa pers (Foto: M Fida/detikcom)[/caption]

Ilham tidak menyangka dampak kasus vaksin palsu sangat luas sekali. "Kami merasa ada sesuatu yang kurang pas dalam menyikapi vaksin palsu. Apa yang terjadi adalah anarkis dari masyarakat maupun pasien dan kita ingin memperbaiki kinerja kita bersama," ujarnya.

"Saya lihat dari 2013 sudah ada yang menyudutkan dokter. Dari sistem pendidikan dan sistem pelayanan kedokteran Indonesia. Kalau tidak waspada akan ada ketidakpercayaan pada dokter Indonesia," ungkapnya.

Dia berharap agar ada jalan keluar atas kasus ini. Ke depannya dia bersama rekan-rekan seprofesinya akan memperbaiki kinerja.

Dia dan rekan-rekannya juga ingin menjalankan kewajibannya dengan rasa aman.

"Kalau rasa aman tidak bisa didapatkan, kami tidak bisa melayani imunisasi sampai ini selesai. Tidak menutup kemungkinan akan kita evaluasi. Dari segi legislasi, siapa yang harus bertanggung jawab, siapa yang melakukan perbaikan ke depan," kata Ilham.

Bareskrim Polri menetapkan 23 tersangka dalam kasus vaksin palsu. Mereka antara lain berprofesi sebagai dokter dan bidan. Salah satu tersangka adalah dr Indra Sugiarno Sp.A, dokter yang bertugas di Rumah Sakit Harapan Bunda, Jakarta Timur. Istri dr Indra, Dini, menegaskan suaminya tak tahu vaksin yang dipakai tersebut adalah vaksin palsu. Dia juga menegaskan suaminya tidak pernah mencari untung lewat bisnis vaksin. Sebab pendapatan dr Indra sehari-sehari sebagai dokter anak saja sudah mencapai Rp 6 juta per hari.

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,49,Info Penyakit,20,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,1,Kesehatan Tubuh,4,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,9,perawatan kulit,5,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,20,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,28,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Kasus Vaksin Palsu, Ketua IDI: Ada 'Grand Design' untuk Memojokkan Kedokteran Indonesia
Kasus Vaksin Palsu, Ketua IDI: Ada 'Grand Design' untuk Memojokkan Kedokteran Indonesia
http://kiatkesehatan.com/wp-content/uploads/2016/07/ikatan-dokter-indonesia.jpg
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2016/07/kasus-vaksin-palsu-ketua-idi-ada-design.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2016/07/kasus-vaksin-palsu-ketua-idi-ada-design.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy