Pemerintah Siap Tanggung Pengobatan Jika Ada Efek Samping dari Vaksin Palsu

Kiatkesehatan.com - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek memastikan bahwa vaksin palsu tak menimbulkan efek samping. Meski begitu, jika ada korban yang menderita penyakit tertentu yang diakibatkan oleh vaksin palsu, maka pengobatannya ditanggung oleh pemerintah.

"Masalah ini sudah diambil alih pemerintah melalui instrumen puskesmas. Jadi mereka yang bermasalah terhadap imunisasi akibat kasus vaksin palsu ini akan ditanggung pemerintah melalui program BPJS, Penerima Bantuan Iuran (PBI) DKI Jakarta," kata Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, Koesmedi Priharto, di Rumah Sakit Harapan Bunda, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (19/7/2016).

Baca: Kasus Vaksin Palsu, Ketua IDI: Ada ‘Grand Design’ untuk Memojokkan Kedokteran Indonesia

[caption id="attachment_543" align="aligncenter" width="704"]Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta Kusmedi Priharto (Foto: Ahmad Ziaul Fitrahudin/detikcom) Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta Kusmedi Priharto (Foto: Ahmad Ziaul Fitrahudin/detikcom)[/caption]

Koesmedi menjelaskan, seandainya diperlukan medical check up, maka akan dilakukan saat dilakukan vaksinasi ulang. Akan tetapi tidak semua peserta vaksin palsu harus dilakukan medical check up.

"Kalau dia perlu medical check up saat vaksinasi, saat itu juga kita lakukan medical check up. Dokter itu menegaskan diagnosa melalui anamnesa dengan berbicara, kemudian pemeriksaan fisik, baru kalau diperlukan pemeriksaan penunjang, kita pakai pemeriksaan penunjang, kalau tidak, tidak perlu. Karena 75 persen dari penyakit itu bisa diselesaikan hanya dengan anamnesa dan pemeriksaan fisik," jelas Koesmedi.

Koesmedi juga mengundang masyarakat yang ragu apakah anaknya terkena vaksin palsu atau tidak untuk datang ke puskesmas terdekat.

"Buat mereka yang ragu, khawatir, silakan datang ke puskesmas, RS kecamatan, RSUD. Cukup membawa semua bukti, enggak usah bawa anak dulu. Nanti pihak puskesmas atau kami akan menelusuri dia ada di mana, apakah perlu diberikan atau tidak, nanti kita bicara ke dokter spesialis anak, bahwa ini diulang atau tidak," tuturnya.

Baca: Jokowi Imbau Masyarakat Tetap Tenang Setelah 14 RS Pengguna Vaksin Palsu Diumumkan

COMMENTS

Name

Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,4,Info Kesehatan,50,Info Penyakit,21,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,2,Kesehatan Tubuh,5,Kopi,1,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,9,perawatan kulit,6,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,4,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,1,Serangan Jantung,1,sex,21,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,29,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Pemerintah Siap Tanggung Pengobatan Jika Ada Efek Samping dari Vaksin Palsu
Pemerintah Siap Tanggung Pengobatan Jika Ada Efek Samping dari Vaksin Palsu
http://kiatkesehatan.com/wp-content/uploads/2016/07/kusmedi-Priharto.jpg
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2016/07/pemerintah-siap-tanggung-pengobatan.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2016/07/pemerintah-siap-tanggung-pengobatan.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy