Ini Beda antara Kopi Luwak Robusta dengan Arabika


Sepanjang sejarah penjualan kopi di Indonesia, kopi luwak menempati daftar pertama di antara varian kopi yang paling dinikmati. Tidak hanya soal penjualan, produksi kedua kopi tersebut juga cukup besar, yakni 70% untuk robusta dan 30% untuk arabika. Apakah Anda tahu bedanya kopi luwak robusta dan kopi luwak arabika?

Perbedaan dari Aromanya

Aroma kopi luwak arabika sangat jelas dan berkarakter. Terutama ketika Anda memasukkan serbuk kopi ini ke dalam gelas atau cangkir. Kemudian Anda tuangkan air panas. Jika diselidiki betul-betul, aromanya wangi. Mirip dengan rempah herbal maupun floral. Sepintas lebih mirip dengan campuran wangi pada bunga dan buah.
Sedangkan untuk kopi luwak robusta, aromanya kurang begitu menohok. Anda yang belum terbiasa minum kopi, mungkin saja sulit membedakan keduanya. Soalnya kopi luwak robusta lebih mirip dengan aroma pada minuman kopi biasa. Perlu berkali-kali minum kopi untuk memastikan aroma kopi luwak ini lebih pekat dari kopi biasa. Mirip cokelat atau kayu.

Perbedaan dari Asamnya

Poin kedua ini masih sama, yakni membahas kesan pada waktu sebelum dan sesudah minum kopi luwak. Untuk kopi luwak arabika ini, tingkat keasamannya cukup tinggi. Hal ini dikarenakan proses fermentasi kopi arabika dalam perut luwak berlangsung cepat. Jadi, buat Anda yang terkena mag kronis, lebih baik pikir-pikir dulu sebelum mengonsumsinya.
Sedangkan untuk kopi luwak robusta, tingkat asamnya lebih rendah. Mungkin inilah yang membuat penjualan kopi luwak robusta lebih tinggi daripada varian arabika. Faktor lainnya, kopi robusta memang lebih banyak hasil produksinya. Tapi untuk kalangan mancanegara, baik kopi luwak robusta maupun arabika tetap punya tempat istimewa tersendiri.

Perbedaan dari Tingkat Kekentalannya

Ada perbedaan yang cukup signifikan. Di luar negeri, porsi ekspor untuk kopi luwak arabika lebih tinggi daripada robusta. Sedangkan di Indonesia, kopi luwak robusta lebih unggul dari segi jumlah. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki kualitas yang berbeda. Termasuk dalam hal tingkat kekentalannya. Bisa dibilang, bahwa tingkat kekentalan robusta lebih tinggi.
Itulah kenapa orang Indonesia lebih menyukai kopi luwak robusta ketimbang arabika. Rasa kental di mulut memberikan efek spesial yang membuat siapa pun terus teringat dengan kesannya. Untuk kopi luwak arabika, kesan kentalnya cukup halus dan tidak ada ciri khusus. Sedangkan untuk kopi luwak robusta, kentalnya mungkin mirip dengan cokelat.

Perbedaan dari Pahitnya

Di mana-mana, kopi varian apa pun pasti terkenal dengan pahit. Tapi kalau pengolahannya dilakukan dengan benar, tingkat pahitnya akan tergantikan dengan rasa manis. Meskipun tanpa gula sama sekali. Jadi soal pahit atau tidak, bisa dikembalikan dari cara mengolahnya. Baru kemudian membuat patokan untuk membedakan keduanya.
Orang yang tidak biasa minum kopi, mungkin sulit membedakan rasa pahit antara keduaya. Tapi kalau sudah sering minum kopi, tingkat pahitnya lebih unggul kopi luwak robusta ketimbang arabika. Soalnya kopi luwak arabika lebih berkesan agak masam, sedangkan kopi luwak robusta tidak memiliki karakter itu. Ya, masing-masing punya karakter yang unik.

Perbedaan dari Bentuk Bijinya

Siapa tahu Anda mau beli kopi luwak robusta maupun arabika dari bijinya. Kemudian diolah sendiri. Maka, jangan sampai salah dalam memilih di antara keduanya. Biji kopi luwak robusta memiliki bentuk oval. Sedangkan untuk kopi luwak arabika, bentuknya lebih datar. Kedua bentuk kopi yang sudah difermentasi tetap bertahan sampai proses penggilingan.
Kadar kafein keduanya memiliki perbedaan angka yang cukup signifikan. Tingkat kafeinnya memiliki selisih kurang lebih 1%. Tentu lebih tinggi kopi luwak robusta ketimbang arabika. Manakah yang terbaik di antara keduanya? Semuanya bagus dan berkarakter dari banyak segi. Kalau tidak, mana mungkin dijual mahal. Oleh karena itu, kopi luwak tidak mungkin bisa ditemukan dengan mudah dengan harga yang murah. Kalau ada pun, bisa di pastikan itu palsu.

COMMENTS

Name

Artikel,1,Asma,2,Asuransi Kesehatan,1,Bakteri,1,Cacar Air,1,Daging Kambing,1,English,11,Gagal jantung,1,Ganja,2,Ibu dan Anak,7,Info Kesehatan,61,Info Penyakit,21,Jajanan Sehat,2,Kesehatan Pria,3,Kesehatan Tubuh,7,Kopi,2,Langsing,1,Payudara,1,Pendidikan Anak,1,perawatan kecantikan,10,perawatan kulit,6,Perawatan Kulit Bayi,1,perawatan rambut,5,Perlengkapan Bayi,1,Produk dijual,4,Propolis,4,Purwaceng,1,Sakit Kepala,2,Serangan Jantung,1,sex,22,Tanaman Berkhasiat,21,Teh,1,Terapi Bekam,1,Tidur,1,Tips kesehatan,33,Trigliserida,1,Vaksin Palsu,6,Virus Zika,4,
ltr
item
Kiat Kesehatan: Ini Beda antara Kopi Luwak Robusta dengan Arabika
Ini Beda antara Kopi Luwak Robusta dengan Arabika
https://1.bp.blogspot.com/---6tAfA6xgM/WtTpwA3GT0I/AAAAAAAAIm0/nQoFDMlsdI4eqoMCiniPrHf381kN_iq4wCLcBGAs/s1600/Luwak%2Bsehat.jpg
https://1.bp.blogspot.com/---6tAfA6xgM/WtTpwA3GT0I/AAAAAAAAIm0/nQoFDMlsdI4eqoMCiniPrHf381kN_iq4wCLcBGAs/s72-c/Luwak%2Bsehat.jpg
Kiat Kesehatan
http://www.kiatkesehatan.com/2018/04/ini-beda-antara-kopi-luwak-robusta.html
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/
http://www.kiatkesehatan.com/2018/04/ini-beda-antara-kopi-luwak-robusta.html
true
7049757568055263197
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat semua Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS Lihat semua RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Okt Nov Des Baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago Lebih dari 5 Minggu lalu Followers Follow ARTIKEL INI MENGANDUNG KONTEN DEWASA Share untuk membuka artikel Salin semua kode Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy